Apakah Olahraga Lari Bagus Untuk Meninggikan Badan? Kok Bisa..

Apakah Olahraga Lari Bagus Untuk Meninggikan Badan? Kok Bisa – Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memicu pertumbuhan, secara khusus pada anak, karena olahraga bisa memicu pengeluaran hormon pertumbuhan.

Salah satu olahraga yang disebut dapat mempengaruhi tinggi badan adalah lari. Banyak orang beranggapan bahwa lari bisa membuat tubuh tambah tinggi. Apakah hal ini benar?

Apakah Olahraga Lari Bagus Untuk Meninggikan Badan? Kok Bisa..

Olahraga Lari Bagus Untuk Meninggikan Badan
http://blog.elevenia.co.id

Lari merupakan salah satu olahraga yang dilakukan banyak orang untuk menambah tinggi badan. Tetapi, hakekatnya lari tidak langsung dapat menambah tinggi badan Anda.

Hal ini sebab tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah olahraga. Lari hanya ialah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memicu pertumbuhan tinggi badan Anda.

Ahli kesehatan menyebutkan bila ketika kita berlari, sistem saraf pusat pada tubuh akan melepaskan zat endorphin pada aliran darah. Endorphin sendiri memiliki kesanggupan dalam menghilangkan rasa sakit.

Sebagai informasi, dikala kita menjalankan aktifitas olahraga yang intens seperti berlari, otot-otot akan bisa mengalami rasa sakit. Adanya endorphin inilah yang meredakan rasa sakit pada otot tersebut.

Sebab jumlah endorphin di dalam tubuh meningkat dengan signifikan, kita akan merasakan sensasi euphoria saat berlari. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai runner’s high.

Pada umumnya, kita akan memerlukan waktu 45 menit ketika berlari untuk mendapatkan sensasi runner’s high ini. Tidak cuma melepaskan endorphin pada aliran darah, terdapat zat lain yang dilepaskan oleh tubuh bernama endocannabinoids. Zat inilah yang disebut membuat tinggi badan kita bertambah.

Dengan berolahraga lari akan mengeluarkan hormone pertumbuhan

hormone pertumbuhan
https://doktersehat.com

Lari membuat tubuh tambah tinggi dengan cara bertahap yaitu memicu pengeluaran hormon pertumbuhan. Hormon inilah yang kemudian berperan dalam penambahan tinggi badan pada seseorang yang masih dalam masa pertumbuhan. Tidak hanya lari, olahraga lainnya juga dapat memicu pengeluaran hormon pertumbuhan.

Hormon pertumbuhan hakekatnya dilepaskan oleh tubuh sepanjang waktu. Tapi, jumlah hormon pertumbuhan yang dilepaskan tubuh ketika olahraga bisa lebih banyak daripada waktu lainnya. Hal inilah yang menyebabkan mengapa lari dapat membantu menambah tinggi badan secara tidak langsung.

Dengan olahraga lari mendukung kesehatan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh

tulang belakang
https://www.alodokter.com

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tulang belakang tertekan, sehingga tulang susah untuk memanjang atau bertambah tinggi. Adakalanya, mungkin Anda tidak menyadari aktifitas yang Anda lakukan bisa memicu tekanan pada tulang belakang.

Dengan olahraga lari bisa mensupport kesehatan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tulang belakang tertekan sehingga tulang susah untuk memanjang atau bertambah tinggi.

Terkadang, mungkin Anda tidak menyadari aktivitas yang Anda lakukan dapat memicu tekanan pada tulang belakang. Lari merupakan olahraga yang bisa membikin postur tubuh Anda menjadi lebih baik. Sehingga tulang belakang Anda bebas dari tekanan dan dapat bertambah panjang.

Memang, lari tidak menambah tinggi badan Anda secara langsung tetapi lari membantu Anda membangun postur tubuh yang bagus, di mana postur tubuh memengaruhi tinggi badan Anda.

Selain dengan olahraga lari, aktifitas lain yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan ialah pemenuhan nutrisi dan tidur yang cukup.

Bila dilakukan dengan baik, ketiga hal ini bisa membantu menambah tinggi badan di masa pertumbuhan anak (selain faktor genetik). Sementara pada orang dewasa, olahraga, gizi, dan tidur mungkin tidak memberi pengaruh tinggi badan.

Manfaat Olahraga Lari Yang Lain

Manfaat Olahraga Lari Yang Lain
https://inspirasipagi.id

Tidak hanya untuk membantu tubuh bertambah tinggi, namun lari juga mempunyai manfaat kesehatan lain bagi tubuh Anda. Lari merupakan olahraga paling simpel yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Menyehatkan persendian pada lutut

Otot lutut dan sekitar persendian membutuhkan lumasan oleh cairan kalsium yang tersimpan dalam tulang. Kalsium akan kian padat dan tulang akan menjadi sehat apabila kaki sering digerakkan serta diimbangi dengan dengan terpaan sinar matahari pagi dan asupan kalsium serta protein pada susu.

  1. Mempercepat proses pembakaran lemak

Cuaca yang panas dan lembab menjadikan tubuh cepat untuk berkeringat dan kemudian nantinya akan mendesak enzim pencernaan untuk bekerja lebih cepat dalam menghancurkan lemak dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat lari untuk tinggi badan, ada baiknya Anda melakunya di area yang teduh dan ditumbuhi tanaman besar.

  1. Menjaga kesehatan jantung dan metabolisme tubuh agar tetap stabil

Manfaat lari juga bisa menstabilkan peredaran darah menuju jantung, juga dapat menguatkan katub jantung, mempertahankan keseimbangan metabolisme tubuh supaya konsisten prima serta mempertahankan energi otot serta stamina.

  1. Dapat menurunkan serta mencegah stress

Stres yang berlebihan bisa mengacaukan keseimbangan metabolisme tubuh dan jantung. Dengan melakukan lari maka kadar stress akan menurun.

  1. Untuk mengoptimalkan fungsi jantung

Bukan hanya bisa mempercepat pembakaran lemak dan pembuangan racun tubuh melalui keringat. Lari ternyata juga dapat mempercepat penurunan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan memasok oksigen lebih banyak kedalam pembuluh darah menuju jantung.

  1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Sebab sel kanker tidak bisa berkembang dan tumbuh pada tubuh yang mempunyai sistem metabolisme yang selalu sehat dan daya tahan tubuh yang stabil.

  1. Menjaga konsentrasi

Manfaat olahraga lari merupakan bisa mengaktifkan seluruh saraf dan pembuluh yang ada di dalam jaringan kepala. Sehingga dapat menghasilkan sel otak sehat secara berkesinambungan.

Tentunya jika sel otak sehat, akan dapat memudahkan stimulasi berupa pesan yang diperkenalkan tubuh via pembuluh darah menuju susunan syaraf pusat sehingga otak bisa merespon dengan cepat pesan yang dikenalkan.

  1. Bisa menyembuhkan penyakit asma

Apabila lari dilakukan teratur dengan diimbangi makanan yang sehat dan tidur yang cukup maka asma akan sembuh dengan sendirinya.

Oleh karena itu, dengan berlari apalagi lari pagi atau sore membuat tubuh Anda aktif sehingga bisa membantu sirkulasi darah berjalan dengan bagus. Tidak heran, lari adalah salah satu jenis olahraga kardio yang bagus untuk memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, berlari juga membantu Anda membakar kalori sehingga mencegah penumpukan lemak dan kenaikan gula darah terjadi. Ketika berlari, tubuh membakar gula dan/atau lemak untuk digunakan sebagai energi.

Sehingga, dengan rutin berlari yang dibarengi dengan mengatur pola makan, maka hal ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Selain itu, agar Anda bisa mendapatkan manfaat lari untuk menambah tinggi badan, ada beberapa tips yang perlu di lakukan, adalah :

manfaat lari untuk menambah tinggi badan
https://m.kwikku.com
  • Tetap Konsisten

Tetap menjaga konsistensi yaitu kata kunci dari tiap aktifitas untuk menempuh sebuah tujuan. Jika konsisten saja tidak bisa Anda pegang teguh, maka nantinya akan memberikan manfaat yang tidak signifikan dengan yang Anda inginkan.

Dengan demikian, mulailah menyisihkan waktu untuk berolahraga lari untuk memperoleh manfaat untuk menambah tinggi badan.

  • Lakukan Gerakan Tambahan

Lakukanlah gerakan tambahan sebelum atau setelah melakukan lari, seperti melompat. Karena hal ini dipercaya dapat membantu perkembangan otot Anda. Sehingga tanpa disadari gerakan ini rupanya dapat menambahkan tinggi badan Anda.

Sisihkan daya Anda untuk mengerjakan gerakan tambahan ini sebelum dan setelah melakukan lari. Dan satu hal lagi yang perlu Anda ingat ialah untuk tidak memaksakan diri bila tubuh Anda sudah merasa tidak bisa.

  • Durasi Yang Tepat

Waktu menjadi hal yang cukup penting bagi Anda dalam berlari. Tetapkan waktu dalam lari, misalnya 20 menit setiap kali Anda melakukan lari. Lakukan hal tersebut dengan tetap.

Nah, apabila Anda sudah berhasil mencapainya, maka buatlah capaian baru dengan menambahkan waktu di tiap lari. Sehingga olahraga lari akan menjadi lebih baik dan efektif dari hari ke hari.

Sekian tulisan tentang Apakah Olahraga Lari Bagus Untuk Meninggikan Badan? Kok Bisa. Semoga bermanfaat dan ingat untuk tetap melihat asupan makanan Anda bila menginginkan badan menjadi bertambah tinggi.

Sumber :

  • https://lifestyle.kompas.com
  • http://blog.elevenia.co.id
  • https://doktersehat.com

Konsultasi & Pemesanan Klik Nama CS Kami ya... (Whatsapp otomatis)

Chat dengan kami via WhatsApp
PROMO GRATIS SKIPPING !KLIK DISINI WA OTOMATIS